10 Bank Terbesar di Dunia dengan Merek Dagang Bernilai Tinggi dan Paling Menjual

10 Bank Terbesar di Dunia dengan Merek Dagang Bernilai Tinggi dan Paling Menjual – Merek dagang begitu berharga bagi suatu bisnis. Makanya banyak pelaku bisnis yang semaksimal mungkin membuat merek dagang mereka dikenal banyak orang agar bisnis mereka tetap langgeng. Hal ini juga yang menjadi perhatian para bank terbesar di dunia.

Beberapa bank terbesar di dunia memandang merek dagang sebagai nilai investasi yang sangat menguntungkan di masa depan. Apalagi persaingan di sektor finansial belakangan ini makin ketat, itulah kenapa bank-bank tersebut harus punya keunggulan sebagai daya tarik.

Salah satu cara agar bank-bank tersebut tetap memiliki banyak peminat adalah dengan meningkatkan nilai merek dagang bank itu sendiri. Tercatat, beberapa bank-bank terbesar di dunia memiliki merek dagang terkuat dengan nilai tertinggi. Bank-bank mana aja itu? Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Untung Besar dari Saham Indosat dan Danamon, Ini 5 Fakta tentang Temasek Holdings

Ada 10 bank terbesar di dunia dengan merek dagang paling menjual, seberapa tinggi nilainya?

Bank terbesar di dunia
Bank di dunia (Shutterstock).

Dari data-data yang dihimpun, Brand Finance telah membuat daftar bank-bank terbesar di dunia dengan merek dagang paling menjual. Kenapa bisa paling menjual? Sebab merek bank-bank tersebut punya nilai yang sangat tinggi hingga puluhan miliar dolar.

Sebagai informasi, Brand Finance adalah lembaga konsultasi penilaian merek bisnis yang independen sekaligus penyedia jasa konsultasi bisnis. Lembaga ini lahir pada 1996 dengan tujuan menjembatani kesenjangan antara pemasaran dan finansial.

Tiap tahunnya Brand Finance selalu mengevaluasi merek-merek mana aja yang paling berharga dan paling terkuat di dunia. Seperti hasil evaluasi bank-bank terbesar di dunia berikut ini yang punya brand value tertinggi di dunia.

Bank terbesar di dunia Negara Brand value
ICBC China US$ 79,82 miliar
China Construction Bank China US$ 69,74 miliar
Agricultural Bank Of China China US$ 55,04 miliar
Bank of China China US$ 50,99 miliar
Wells Fargo Amerika Serikat US$ 39,94 miliar
Bank of America Amerika Serikat US$ 36,68 miliar
Citi Amerika Serikat US$ 36,40 miliar
Chase Amerika Serikat US$ 36,26 miliar
China Merchants Bank China US$ 22,48 miliar
HSBC Inggris US$ 20,18 miliar

Dari daftar yang dibuat Brand Finance, rupanya Industrial and Commercial Bank of China menjadi bank dengan brand value paling tinggi di dunia. Bank terbesar di dunia yang berdiri sejak 1984 ini memiliki brand value mencapai US$ 79,82 miliar atau sekitar Rp 1.139 triliun.

Menariknya nih, Bank ICBC yang menyandang status perusahaan terbuka ini mencatatkan diri di dua bursa saham lho. Bank ini tercatat di Shanghai Stock Exchange (SSE) dan Hong Kong Stock Exchange (SEHK).

Posisi kedua hingga keempat, bank-bank asal China lagi-lagi menjadi bank dengan brand value tertinggi. Bank-bank terbesar di dunia tersebut antara lain China Construction Bank, Agricultural Bank Of China, hingga Bank of China.

Bank Amerika juga ikut termasuk

Bank terbesar di dunia
Wells Fargo (Shutterstock).

Sementara di posisi kelima hingga kedelapan, ada bank-bank asal Amerika Serikat dengan brand value yang sangat tinggi. Contohnya aja Wells Fargo. Bank terbesar di dunia yang dirintis tahun 1852 ini memiliki brand value yang mencapai US$ 39,94 miliar atau setara Rp 570 triliun.

Selain Wells Fargo, bank asal Amerika Serikat lainnya yang memiliki brand value paling tinggi adalah Citi. Bank yang telah berdiri sejak 1812 ini punya nilai yang mencapai US$ 36,40 miliar atau sekitar Rp 519 triliun.

Di posisi terakhir alias peringkat kesepuluh, ada The Hongkong and Shanghai Banking Corporation yang memiliki brand value tertinggi. Nilai yang dicatatkan bank terbesar di dunia ini mencapai US$ 20,18 miliar atau sekitar Rp 288 triliun.

Walaupun bank ini terkesan bank dari negara Asia, ternyata bank ini merupakan bank multinasional asal Inggris. Bank terbesar di dunia ini didirikan pada 3 Maret 1865 oleh Sir Thomas Sutherland.

Saham bank HSBC telah diperdagangkan di banyak bursa. Mulai dari London Stock Exchange (LSE), Hong Kong Stock Exchange (SEHK), New York Stock Exchange (NYSE), Euronext (Euronext), hingga Bermuda Stock Exchange (BSX).

Itu tadi deretan bank terbesar di dunia yang memiliki merek dagang paling menjual alias punya brand value paling tinggi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Leave a Comment