15 Ide Bisnis untuk Pemula di Semua Usia yang Menguntungkan

Bisnis untuk pemula bisa dilakukan oleh para anak muda ataupun kita yang sudah berusia tidak lagi muda. Memulai bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kita yang sudah bertahun-tahun menjadi karyawan.

Meski demikian, memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Meski begitu, jangan pesimis dulu karena ada 15 ide bisnis untuk pemula berikut yang bisa dikelola oleh semua usia.

1. Berjualan Camilan

snack (pixabay).
snack (pixabay).

Siapa yang tidak suka camilan? Sepertinya hampir semua orang menyukai jenis makanan ini. Kita bisa memulai bisnis ini dengan meluangkan waktu membeli berbagai varian camilan dalam kantong besar di pasar dengan harga yang murah. Kemudian, kemas camilan tersebut dalam kantong yang lebih kecil.

Tentu saja, naikkan harga dibanding harga modal. Selain itu, kita juga dapat mencoba menjual camilan buatan sendiri.

2. Layanan Titip Hewan Piaraan

Untuk kita yang menyukai hewan piaraan, bisa mempertimbangkan bisnis untuk pemula ini. Sebagai langkah awal, kita dapat memanfaatkan tetangga atau relasi yang sedang bepergian yang perlu menitipkan hewan piaraan mereka. Namun, pastikan kita memiliki kemampuan yang baik untuk menjaga dan merawat hewan piaraan yang dititipkan. Kemungkinan, beberapa jenis hewan piaraan membutuhkan perlakuan khusus.

3. Jasa Titip Beli Barang Bermerek atau Branded

Jasa titip atau jastip untuk membeli barang branded atau merek tertentu kini semakin marak. Untuk mengelola bisnis untuk pemula ini, maka kita memerlukan kamera dan ketekunan untuk menawarkan barang. 

Kita dapat berjalan di mal-mal sekitar, lalu memotret barang-barang yang sekiranya menarik untuk jastip. Kita dapat posting di media sosial atau membuat grup tersendiri dengan minat yang sama. Jastip yang dikenakan mulai dari puluhan ribu dari tiap barang.

4. Perencana Perjalanan (travel planner)

Melakukan perjalanan atau traveling semakin banyak diminati, termasuk di Indonesia. Nah,  kita yang terbiasa melakukan perjalan, jadikan hal ini sebagai ide bisnis untuk pemula. Kita bisa menjadi perencana perjalanan bagi calon wisatawan, termasuk memesan pesawat, hotel, mobil, restoran ataupun aktivitas lain. Jangan khawatir, berbagai platform online bisa kita jadikan andalan untuk membantu menjalankan bisnis ini.

5. Usaha di Bidang Fotografi

Bisnis untuk pemula fotografi terbilang beragam. Dengan bermodalkan kemampuan fotografi yang baik dan perlengkapan fotografi, kamu bisa membuka jasa event organizer (EO). Sebagai awal, kita bisa bergabung dengan EO sebagai penyedia jasa fotografi.

Ada berbagai event yang dapat kita abadikan, mulai dari pernikahan, wisuda, acara kantor ataupun ulang tahun. Selain itu, kita juga bisa menjual hasil foto di situs web tertentu.

6. Event Organizer

Eo harus bisa berikan dampak positif bagi orang lain. (Shutterstock)
Eo harus bisa berikan dampak positif bagi orang lain. (Shutterstock)

Merencanakan dan melaksanakan acara memerlukan persiapan dan tenaga yang tidak sedikit. Itu sebabnya usaha bidang event organizer (EO) tidak pernah sepi. Jangan segan memulai usaha EO ini dengan menangani acara kecil. Jika kita dipercaya oleh klien, tidak mustahil akan kembali memakai jasa EO kita untuk acara yang lebih besar.

Kita dapat melakukan berbagai pemesanan secara online dan menemui klien di cafe atau rumah mereka.

7. Buka Gerai Kopi

Bisnis untuk pemula yang satu ini memang sedang naik daun. Kita bisa melihat gerai kopi hampir di setiap sudut kota. Mulai dari pusat perbelanjaan, perkantoran ataupun di sekitar perumahan. Meski itu berarti ada banyak saingan, namun hal itu juga berarti banyak permintaan untuk kopi.

Kita dapat menyesuaikan kopi yang kita jual dengan minat target pembeli, harga kopi yang dijual, dan lokasi yang strategis.

8. Rental Motor

Untuk memulai bisnis rental motor, kita bisa menggunakan motor pribadi atau milik teman yang tidak terpakai. Kita bisa mulai menyewakan pada orang-orang di sekitar rumah atau kantor.

Selain itu, ada pula potensi menyewakan pada wisatawan yang berkunjung. Pembayaran rental motor ini bisa per hari atau per jam. Selain itu, saat ini ada pula rental motor listrik yang umumnya disewakan per jam.

9. Warung kelontong

Gak membutuhkan modal yang banyak bisa menjadi alasan kenapa kamu bisa mencoba bisnis warung kelontong nih. Apalagi kalau lokasi tempat berjualan kamu berada di pinggir jalan raya.

Kemungkinan besar akan ada banyak pelanggan yang datang mulai dari tukang ojek online hingga supir taksi yang sejenak beristirahat.

10. Counter pulsa

cara transfer pulsa xl
Transfer pulsa

Di sepanjang jalan pergi dan pulang kantor pasti kamu udah sering melihat pedagang yang membuka counter pulsa. Kali ini, kamu bisa mencobanya sebagai langkah awal untuk berbisnis nih.

Gak perlu punya sewa tempat, kamu hanya membutuhkan modal handphone serta pulsa tentunya. Kalau mau pasar yang lebih luas lagi, kamu juga bisa menjajakan paket kuota internet di waktu yang bersamaan lho!

11.Dropshipper

Bisnis untuk pemula kesebelas yang bisa dicoba adalah dengan menjadi dropshipper. Di sini kamu gak perlu menyetok barang yang menguras kantong, kamu hanya butuh modal jempol aja untuk memasarkan suatu produk di media sosial.

Keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari margin harga yang kamu dapatkan dengan distributor yang akan mengirimkan produk tersebut kepada penjual. Menarik bukan?

12. Laundry kiloan

Selanjutnya ada laundry kiloan nih yang belakangan ini banyak muncul. Guna memulainya, kamu harus mengeluarkan biaya yang gak sedikit untuk peralatan laundry seperti alat seterika, mesin pengering dan juga mesin cuci.

Dan yang gak boleh ketinggalan adalah pegawai yang terampil dalam mengerjakan tugasnya.

13. Rental Playstation

Siapa sih yang gak tau konsol game Playstation buatan raksasa teknologi Sony? Perangkat keras yang satu ini emang masih menawarkan keuntungan yang lumayan besar bagi pemilik rentalnya.

Tapi kamu harus mempersiapkan kocek yang cukup banyak untuk membeli TV LED, konsol Playstation dan biaya listrik bulanannya nih.

14. Warung makan

Selain rental Playstation, kamu juga bisa membuka warung makanan atau biasa dikenal dengan warteg nih. Usaha yang satu ini cocok buat kamu yang suka masak dan memiliki resep kuliner yang lezat.

15. Pangkas rambut

Membuka pangkas rambut juga bisa kamu lakukan lho saat berada di kampung
Membuka pangkas rambut juga bisa kamu lakukan lho saat berada di kampung, (TEMPO/Dian Triyuli Handoko).

Bisnis untuk pemula terakhir adalah membuka tempat pangkas rambut. Sebelum memulai usaha ini, kamu setidaknya mempunyai keahlian di urusan memotong rambut agar lebih menguasai operasional bisnisnya.

Kalau mau lebih gampang lagi bisa mempekerjakan pegawai yang udah terampil dalam urusan pangkas rambut.

Jadi, bisnis untuk pemula apa yang akan kita pilih? Jangan biarkan usia jadi penghalang niat kita memiliki usaha sendiri. Berbagai ide bisnis di atas bisa kita lakukan untuk memulai usaha.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *