4 Gitar Akustik Elektrik Rp 1 Jutaan yang Penampilannya Elegan

Sebagai alat musik, gitar akustik elektrik memang diminati oleh banyak orang. Pasalnya, alat musik ini memang praktis, bisa dimainkan kapan saja, dengan atau tanpa bantuan amplifier.

Seiring dengan berjalannya waktu, harga gitar pun mengalami kenaikan. Terutama pada merek-merek tertentu yang sudah dikenal publik.

Namun gak usah khawatir, masih ada kok gitar yang harganya Rp 1 jutaan tapi kualitasnya benar-benar top.

Beberapa di antaranya dirilis dari brand gitar yang cukup terkenal. Sementara itu, yang lainnya walau mereknya gak terkenal tapi kualitasnya boleh diadu deh.

Buat kamu yang ingin cari gitar akustik elektrik Rp 1 jutaan, mungkin beberapa gitar di bawah ini bisa jadi referensi.

Baca juga: 4 Gitaris Fingerstyle RI Tersukses, Ada yang Penghasilannya Nyaris Rp 1 M tapi Sederhana!

1. Chard WD68C

gitar akustik chard

Chard WD68C. (Instagram/@nafirimusic)

Pernah dengar merek gitar akustik elektrik ini? Harganya Rp 1,7 jutaan tapi jangan salah lho karena gitar ini sudah dilengkapi Fishman Presys Plus Preamp. Desainnya juga cantik!

Merek Chard berasal dari Guangzhou Chord Instrument Manufacturing Co.,LTD yang berbasis di China. Perusahaan ini juga memproduksi gitar bermerek SQOE yang cukup populer di Filipina. 

Bukan cuma pickup Fishman saja yang bisa kamu dapat di Chard melainkan gitar dengan spesifikasi yang mantap.

Bodi gitar ini dilapisi kayu cedar di bagian atasnya dan sapele di kiri serta kanan. Sementara itu, finishing-nya doff atau matte. Block inlay Chard WD68C juga terlihat elegan. Lumayan terlihat berkelas deh kalau dipakai manggung.

Baca juga: Mahal dan Langka! Intip Koleksi-koleksi Gitar Milik Andre Taulany

2. Anderson AFE12N

gitar akustik anderson

Anderson AFE12N. (Instagram/@surabayamusicmart)

Asal usul gitar akustik elektrik ini juga cukup misterius. Gitar berlogo huruf A ini juga punya spesifikasi yang sangat baik.

Tabung resonansinya yang besar membuat Anderson yang harganya Rp 1,5 jutaan ini punya suara kuat dan keras. Sementara itu, dari finishing-nya sudah disematkan binding putih dan preamp yang dilengkapi chromatic tuner serta equalizer.

Bagian body dan neck-nya menggunakan kayu mahogani, sementara itu fret-nya kayu rosewood.

Dalam percakapan di forum-forum musik, gak sedikit lho yang bilang kalau Anderson AFE12N ini kualitasnya di atas Yamaha. Tapi ada baiknya kamu coba dulu ya sebelum beli.

Baca juga: Ada yang Terinspirasi Tsunami Aceh! 9 Gitar Listrik Ini Termahal Sejagat

3. Yamaha FX310

gitar akustik yamaha fx310

Yamaha FX310. (Instagram/@nuansamusikofficial)

Sebagai sebuah merek, Yamaha tentunya punya posisi yang cukup kuat. Untuk harga Rp 1,5 jutaan, Yamaha punya produk andalan yaitu Yamaha FX310.

Secara spesifikasi, gitar ini menggunakan kayu spruce di bagian bodi atasnya. Sementara itu, di sisi samping dan belakang materialnya adalah kayu meranti.

Necknya menggunakan kayu nato dan fretboard-nya adalah rosewood alias sonokeling. Pickup gitar Yamaha seri F ini adalah System68 + ART 1. 

Gak sedikit orang bilang kalau kualitas Yamaha belakangan ini memang agak menurun. Tapi balik lagi, instrumen itu sifatnya cocok-cocokan.

Bagus menurut si A belum tentu bagus untuk si B, dan C. Baiknya ya kamu jajal dulu sebelum beli!

4. Cort SFX-MEM OP

gitar akustik cort sfx

Cort SFX-MEM OP. (Instagram/@debeatbali)

Wah ini yang paling seksi di antara yang lain. Kenapa seksi? Coba perhatikan saja finishing matte-nya yang sangat eksotis. Selain itu, harganya Rp 1,7 jutaan.

Sama seperti Anderson, material body gitar ini seluruhnya mahogani dari atas bawah dan samping. Begitu pula dengan necknya. 

Gitar ini juga sudah disematkan binding berwarna hitam yang membuatnya tampak elegan! 

Untuk urusan elektronik, Cort SFX-MEM dilengkapi dengan Cort CE304T Preamp. Silahkan jajal dulu ya, dijamin betah deh mainin gitar ini karena gitarnya juga cukup enteng.

Itulah empat gitar akustik elektrik yang bisa jadi pilihan kamu. Harganya cukup terjangkau kan? Gak ada yang di atas Rp 2 juta lho! (Editor: Ruben Setiawan)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *