5 Ide Bisnis Modal Kecil bagi Fresh Graduate Minim Pengalaman

Memiliki modal kecil alias pas-pasan bagi fresh graduate rasanya sah-sah aja ya buat memulai sebuah bisnis. Sebenarnya dengan modal kecil, para fresh graduate bisa lho memulai usaha dan menghasilkan cuan sendiri, apa saja sih ide bisnisnya?

Fenomena anak muda terjun dalam dunia bisnis bukan lagi menjadi hal yang tabu lagi. Berbagai tokoh muda kini banyak yang sukses berkat terjun dalam dunia bisnis sebut saja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang merupakan menteri milenial dari kalangan pebisnis.

Ketatnya persaingan lowongan pekerjaan mau tak mau membuat fresh graduate harus memiliki daya saing agar mampu lolos dalam ketatnya pasar kerja setiap tahun. Alternatif pilihan lainnya adalah merintis bisnis meskipun masih minim jam terbang maupun pengalaman serta modal kecil. 

Kehadiran perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan seseorang bisa belajar segala hal dalam waktu yang cepat termasuk membangun bisnis. Disamping belajar, bisa langsung eksekusi ide bisnis yang memiliki peluang akan tetapi tidak membutuhkan modal yang besar dan tak membutuhkan pengalaman yang tinggi.

1. Bisnis jasa titip

Bisnis jasa titip bisa dijadikan usaha nih bagi fresh graduate
Bisnis jasa titip bisa dijadikan usaha nih bagi fresh graduate, (Shutterstock).

Bisnis jasa titip alias jastip punya potensi untung yang cukup menggiurkan meskipun hanya memiliki modal kecil. Sebab, banyak konsumen yang butuh bantuan untuk mendapatkan barang yang sulit mereka jangkau. 

Terlebih, bila barang yang diincar merupakan produksi luar negeri dan belum masuk pasar Indonesia. Gak sedikit yang rela keluar bujet lebih demi mendapatkan barang idaman.

Dengan bermodalkan jaringan perkenalan, kamu bisa menawarkan jasa titip melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, hingga Twitter, dan YouTube.

Pekerjaan ini memberikan peluang yang besar jika ditekuni secara jujur dan profesional. Tak jarang saat ini telah banyak pebisnis jasa titip yang sudah terkenal dan memiliki ratusan konsumen dan menghasilkan untung menggiurkan. 

Modal yang disiapkan pun juga minim, hanya ponsel pintar, koneksi internet, hingga akun media sosial. Keuntungan dari bisnis ini adalah mengambil tarif dari jasa titip pembelian barang. Tentunya semakin banyak barang yang dibeli secara jastip semakin banyak untung yang dihasilkan.

2. Jasa desain grafis

Desain grafis bisa kamu jadikan bisnis nih buat fresh graduate
Desain grafis bisa kamu jadikan bisnis nih buat fresh graduate, (Shutterstock).

Keahlian sebagai desain grafis mungkin tidak dimiliki semua orang, akan tetapi profesi atau bisnis ini akan terus berkembang seiring dengan digitalisasi saat ini. Setiap perusahaan ataupun kegiatan promosi bisnis pasti membutuhkan desain grafis untuk materi promosi hingga corporate identity.

Bagi lulusan desain komunikasi visual bisnis jasa desain grafis bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Selain memiliki keahlian dalam bidang tersebut, bisa juga menjadi portofolio bisnis dan karya.

Bisnis jasa desain inipun hanya memerlukan alat kerja berupa laptop atau komputer desktop untuk mengerjakan order desain mulai dari poster, flyer, hingga untuk kebutuhan sosial media.

Untuk promosi bisnis ini bisa menggunakan platform freelancer yang menyediakan berbagai pekerjaan kebutuhan desain dengan uraian tugas dan harga yang ditawarkan.

3. Jadi guru les privat

Menjadi guru private juga bisa kamu jadikan usaha menghasilkan cuan
Menjadi guru private juga bisa kamu jadikan usaha menghasilkan cuan, (Shutterstock).

Tak hanya yang hobi berbisnis bisa merintis bisnis sampingan ketika lulus kuliah, bagi yang memiliki kemampuan akademik juga bisa merintis bisnis dengan menjadi guru les privat secara mandiri. Tak cuma kemampuan akademik, menjadi guru les privat untuk keterampilan lainnya juga bisa dilakukan, seperti keterampilan alat musik, olahraga, hingga bahasa asing.

Bagi lulusan baru, bisnis guru les privat ini bisa dimulai dari keluarga atau tetangga sekitar lingkungan domisili. Jika memiliki perkembangan yang baik bisa membuka layanan les privat profesional yang lebih besar tentunya.

4. Content writer dan content marketing

Menjadi content writer bisa kamu jadikan sebagai usaha atau bisnis
Menjadi content writer bisa kamu jadikan sebagai usaha atau bisnis, (Shutterstock).

Bagi yang memiliki hobi menulis menyediakan jasa penulisan content marketing bisa menjadi pilihan alternatif, kebutuhan perusahaan untuk konten yang berkualitas dan memiliki tingkat Search Engine Optimization (SEO) baik juga diperlukan banyak perusahaan, kepentingan pribadi, maupun sebuah produk.

Merintis bisnis penulisan artikel ini juga bisa menggunakan platform freelancer untuk menjaring perusahaan atau orang yang membutuhkan. Untuk menekuni bisnis ini bayarannya pun beragam ada yang dibayar per artikel, hingga dibayar per satu project kerja sama.

Tak hanya itu, promosi melalui media sosial juga bisa dilakukan guna mendapatkan konsumen, tawarkan harga jasa yang sesuai dengan pengalaman dan jam terbang, jangan sampai kemurahan atau kemahalan yang membuat konsumen mengurungkan niatnya menggunakan jasa anda.

Jenis pekerjaannya pun beragam, mulai dari penulisan artikel, jasa desain grafis, konten sosial media, pembuatan website, media sosial, marketing, hingga teknologi informasi.

Dengan hal itu juga membangun koneksi maupun jaringan bisnis yang lebih luas, dan juga menambah kesempatan untuk bekerja pada perusahaan diinginkan sebagai lulusan baru.

5. Dropship dan reseller

Menjadi dropshipper juga bisa kamu jadikan usaha yang menghasilkan cuan
Menjadi dropshipper juga bisa kamu jadikan usaha yang menghasilkan cuan, (Shutterstock).

Ide bisnis ini tak kalah populer dengan yang lain, kehadiran e-commerce dan fenomena belanja online di masyarakat yang terus meningkat pesat membuat peluang bisnis dropship dan reseller. Dalam menjalankan ide bisnis ini tak membutuhkan perencanaan yang matang hingga strategi marketing yang diperlukan bahkan dengan modal kecil bisa lho. 

Pebisnis reseller dan dropshipper hanya perlu memilih barang atau produk apa yang ingin dirinya jual. Pasarkan melalui media sosial, dan melakukan promosi secara gencar.

Menjadi reseller dan dropshipper tentu tak membutuhkan modal yang besar. Karena dalam proses bisnisnya reseller hanya perlu memasarkan produk dari supplier saja tanpa harus mengeluarkan modal untuk pembelian produk. Ketika konsumen membeli tinggal pesan atau order ke supplier untuk mengirimkan pesanan tersebut langsung ke konsumen, istilahnya hanya sebagai makelar.

Namun demikian, meski terbilang mudah dan praktis, tetapi pebisnis ini harus jeli dan cermat dalam memilih produk yang akan dijual. Jika tidak memiliki kualitas yang buruk maka konsumen akan pergi.

Itulah deretan ide bisnis dengan modal kecil yang bisa dijalani oleh para fresh graduate. Meskipun gak memiliki modal gede buat memulai suatu bisnis gak ada salahnya nih memulai bisnis dan hasilkan cuan di usia muda. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *