5 Makanan Lezat Ini Bisa Sebabkan Kematian Lho, Berani Coba?

Saat traveling, salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah wisata kuliner. Tapi, apa jadinya kalau makanan berbahaya yang bisa menyebabkan kematian yang kamu santap?

Setiap negara di dunia ini tentu memiliki makanan khas yang terdiri dari beragam bahan dasar. Mulai dari yang rasanya asin, manis, asam hingga gurih yang bikin ketagihan.

Gak usah jauh-jauh deh, di Indonesia saja ada ratusan hingga ribuan kuliner khas daerah yang belum pernah kita cicipi. Jadi bisa dibayang betapa banyaknya menu makanan di bumi yang ada hari ini.

Sebagian kecil dari kuliner tersebut uniknya ada yang tergolong berbahaya untuk dikonsumsi oleh manusia.

Untuk kamu yang ingin mengetahuinya apakah gak sengaja makan tanpa pengetahuan, yuk kita lihat daftar makanan berbahaya dan lezat berikut ini:

1.  Makanan berbahaya Fugu

Makanan Berbahaya
Makanan berbahaya Fugu

Menu pertama adalah Fugu yang berasal dari Jepang. Bahan dasar utama makanan ini adalah Pufferfish yang badannya bisa membesar jika sedang merasa terancam. Karakternya bisa kamu temukan di kartun Spongebob sebagai Mrs Puff.

Di Negeri Matahari Terbit, makanan ini menjadi menu yang jarang ditemui. Salah satu alasannya, hanya chef dengan lisensi tertentu yang bisa mengolah makanan ini.

Jika kamu mengonsumsi dari tangan orang yang salah, racun yang berada di dalam tubuh Pufferfish bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan kematian. Demikian seperti dilansir dari Globe Link.

Baca juga: Selain Daging Sapi, Ini Daftar Makanan Penambah Darah dan Kisaran Harganya

2.  Buah Ackee

Makanan Berbahaya
Buah Ackee (globelink.co.uk)

Selanjutnya, ada buah yang cukup terkenal di negara Jamaikan, yaitu Ackee. Buah satu ini merupakan buah tropikal khas daerah Barat Afrika.

Salah satu alasan kenapa buah Acke tergolong makanan berbahaya karena bijinya mengandung racun yang bisa menyebabkan sakit perut, mual-mual hingga muntah bagi orang yang mengonsumsinya dengan cara salah.

3.  Jamur Death Cap

Makanan Berbahaya
Jamur Death Cap (globelink.co.uk)

Makanan ketiga ada makanan berbahaya yang masuk dalam keluarga fungi, yakni jamur Death Cap. Meski terlihat seperti jamur-jamur pada umumnya, makanan ini jika dikonsumsi bisa menyebabkan keracunan hingga kematian lho!

4. Kerang

Makanan Berbahaya
Kerang

Makanan berbahaya selanjutnya adalah, kerang. Jenis seafood satu ini, terutama kerang hijau diketahui memang gemar menyerap zat berbahaya yang ada di lautan.

Di teluk Jakarta sudah bisa dipastikan kerang yang berasal dari sana cukup berbahaya karena mengandung zat berbahaya seperti merkuri. Jika dikonsumsi terus menerus oleh manusia akibatnya bisa menimbulkan penyakit kanker.

5. Gurita

Makanan Berbahaya
Gurita

Terakhir, ada menu makanan berbahaya gurita yang menjadi kuliner favorit orang Korea Selatan. Hewan yang disajikan di sini masih dalam keadaan mentah dan bergerak-gerak ketika disajikan di atas piring.

Karena itu, tentakel yang masih bisa menempel di tenggorokan ketika ditelan bisa menyebabkan kematian bagi orang yang salah mengonsumsinya. Terdapat trik tersendiri untuk bisa memakan menu yang satu ini tanpa harus tersendat. 

Itulah lima jenis makanan berbahaya yang jika salah dikonsumsi bisa menyebabkan kematian. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan terus waspada ya! (Editor: Chaerunnisa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *