7 Website Penulis Artikel yang Bayar Tulisanmu, Bisa Sampai Jutaan Lho

Bila penulis zaman old mengandalkan royalti buku atau kiriman tulisan ke media maka penulis zaman now udah lebih gampang. Kini, cukup banyak website penulis artikel yang memungkinkan kamu dapat uang tanpa harus terbitkan buku.

Yang menarik adalah website penulis artikel ini biasanya menerapkan aturan yang lebih ringan daripada media konvensional.

[Baca: Pengin Kerja dari Rumah? Lirik 6 Pekerjaan Ini]

Nah, penasaran apa saja website penulis artikel yang bakal bayar tulisan kamu? Yuk, lihat 7 rekomendasi situs web berikut ini.

1. Babe

Website Penulis Artikel
Babe (blogspot)

Babe merupakan aplikasi portal berita yang menyajikan beragam artikel mulai dari isu terbaru hingga gaya hidup.

Nah, layanan Babe ini membuka kesempatan buat para penulis jadi kontributor di aplikasi mereka. Kategori artikel yang Babe buka buat para kontributor adalah politik, hiburan, dan Islam. Jadi, buat kamu yang merasa jago menulis topik tersebut, coba deh.

Bayaran bila tulisan kamu sukses lolos diterbitkan adalah Rp 50 ribu per artikel. Bila tulisan kamu berhasil lolos minimal satu artikel aja per hari, kamu bisa dapat Rp 1,5 juta sebulan.

Wah, lumayan banget, kan?

2. Vebma

website penulis online
Vebma (vebma)

Vebma.com adalah portal artikel yang mengandalkan iklan sebagai sumber pendapatan mereka. Nah, Vebma membuka kesempatan buat para penulis jadi kontributor seperti halnya Babe.

Mesk demikian, ada yang sedikit berbeda di Vebma dibandingkan dengan Babe. Di Vebma, tulisan kamu gak cuma dibayar karena berhasil dipublikasikan aja tetapi juga berdasarkan jumlah pembaca.

Vebma menerapkan jumlah bayaran Rp 10 ribu per tulisan. Bila tulisan kamu berhasil mendapatkan 1.000 page views (jumlah kunjungan ke artikel kamu) akan dapat bonus Rp 1.200.

Terlihat sangat sedikit di awal. Namun kalau kamu berhasil mendapatkan banyak pembaca maka tulisan kamu bisa jadi passive income.

[Baca: Yuk Cari Uang Tambahan dari 5 Sumber Pendapatan Pasif Ini!]

Contoh, kamu udah nulis 100 artikel dengan masing-masing artikel sekitar 30.000 page views setiap bulan. Kamu bisa dapat Rp 3,6 juta. Itu belum ditambah ke-100 artikel tersebut udah dapat bayaran senilai Rp 1 juta karena berhasil publish.

3. JalanTikus

kirim artikel dibayar
JalanTikus buat penulis tekno (harianeko)

Kamu yang gemar dengan topik teknologi bisa coba jadi kontributor di JalanTikus. Buat yang suka baca berita teknologi udah pasti kenal dengan website ini, kan?

Di JalanTikus, tulisan kamu bakal dibayar senilai Rp 50.000 setelah dipublikasikan. Gak cuma dibayar, nama kamu pun bakal dipajang sehingga dikenal sebagai penulis teknologi.

Lumayan banget buat jadi portofolio biar dapat proyek penulisan lainnya.

4. Nulis.co.id

situs indonesia yang membayar artikel
Situs Nulis.co.id (tribunnews)

Nulis.co.id merupakan website yang menyediakan artikel kehidupan sehari-hari yang biasanya menyangkut tips. Media ini menyediakan kesempatan buat para penulis jadi kontributor.

Buat kamu yang suka nulis artikel tips-tips sederhana yang bermanfaat buat pembaca maka di sini tempatnya.

Bayaran di Nulis.co.id bisa dibilang gak sebesar situs-situs yang udah disebutkan. Kamu bakal dibayar berdasarkan iklan yang ditampilkan di tulisan tersebut. Pihak Nulis.co.id gak menyebutkan secara spesifik pembagiannya.

Meski tergolong gak besar, gak ada salahnya sih buat coba. Lumayan bisa jadi portofolio tulisan aja.

5. UCNews

menulis artikel online dibayar
UCNews (pemudabanget)

UCNews adalah portal berita dan artikel yang menawarkan sistem pengisian konten oleh kontributor.

Ada dua cara buat dapat uang dari website penulis artikel satu ini. Pertama, kamu harus terikat buat menulis minimal 20 artikel asli per bulan. Kedua, kamu mendapatkan bagi hasil dari iklan di artikel tersebut.

Gak diberi tahu berapa bayarannya namun UCNews mengklaim penulis bisa mendapatkan Rp 10 juta per bulan.

6. Basabasi.co

Dibandingkan website penulis artikel yang udah disebutkan sebelum-sebelumnya, BasaBasi.co lebih idealis.

Di website BasaBasi.co, kamu lebih dipacu buat bikin artikel yang lebih mendalam. Artikel yang diterima oleh BasaBasi adalah cerpen, puisi, esai, resensi buku, dan artikel ringan.

Bayarannya pun bisa dibilang cukup menggiurkan. Kamu yang berhasil menerbitkan cerpen di website ini bakal dapat bayaran Rp 300 ribu. Puisi bakal dibayar Rp 250 ribu, esai Rp 300 ribu, resensi buku Rp 200 ribu, dan artikel ringan dibayar Rp 100 ribu.

7. GetCraft

situs penulis lepas indonesia
GetCRAFT (slideshare)

GetCraft berbeda dengan website penulis artikel lainnya. GetCraft merupakan platform yang mempertemukan antara penulis dengan klien.

Mirip dengan situs web Freelancer.com atau Projects.co.id namun GetCraft mengkhususkan diri buat para kreator konten.

[Baca: 10 Situs Kerja Freelance Lokal dan Mancanegara Buat Nambah Setoran]

Nah, di situs web ini kamu bisa memoles profil kamu semenarik mungkin disertai dengan portofolio. Nantinya, kamu bisa pilih proyek yang kamu mampu atau klien bakal mengontak kamu.

Buat para penulis khususnya yang baru merintis karir menulis, situs-situs web di atas bisa kamu coba. Meski bayarannya belum terlalu besar namun website penulis artikel tersebut bisa jadi portofolio buat kamu.

Kamu bisa lihat seberapa menarik artikel kamu di mata pembaca. Ini karena website-website tersebut udah punya pembaca setia. Beda dengan membangun blog sendiri yang mana kamu harus memulai dari nol.

Tertarik buat mencoba tantangan menulis satu ini?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *