8 Makanan dan Minuman Ini Bikin Usaha Kuliner Kamu Moncer di 2020

Para influencer dan Gojek (GoFood) telah memprediksi sejumlah tren makanan hits yang bakal populer di tahun 2020. Tentunya prediksi mereka bisa kamu jadikan acuan jika berniat membuka usaha kuliner tahun depan.

Membuka usaha makanan maupun minuman memang gak pernah ada matinya nih. Mulai anak muda hingga orangtua menyukai makanan dan minuman, mau maupun gurih pasti selalu dicari nih. 

Di tahun 2019, muncul pula istilah Mukbang yang sering muncul di YouTube. Mukbang atau Meokbang merupakan sebuah siaran langsung rekaman visual online di mana seorang pemandu acara menyantap makanan dalam porsi besar. 

Tren mukbang memang begitu digemari nih oleh banyak orang termasuk para influencer maupun food blogger maupun vlogger. Dari konten mukbang aja, para food blogger maupun vlogger bisa mendapatkan banyak subcribers.Buat kamu yang ingin mengetahui seputar tren kuliner 2020, gimana kalau kita cari tahu saja deretan kuliner hits versi GoFood dan para influencer.

Baca juga: Deretan Restoran Termahal di Dunia, Bayangin Sekali Makan Rp 30 Juta!

GoFood 

usaha kuliner
Ini lho deretan kuliner yang bakal tren di 2020, (Instagram/@gofoodindonesia).

“GoFood sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner atau UMKM. Kini terdapat 400.000 merchant di GoFood,” papar VP Corporate Affairs Food Ecosystem GoJek, Rose Lavina seperti dikutip Fimela. 

Dari pernyataan GoJek, tentunya bisa disimpulkan bahwa mereka juga memiliki data mengenai makanan dan minuman apa yang belakangan ini kerap diorder oleh para pelanggan. Menurut data Gojek, terdapat lima jenis kategori makanan dan minuman yang mendapat respon positif di mata konsumen.

Kelima makanan dan minuman itu adalah, boba, ayam geprek, aneka salad, donut kentang, dan aneka tahu. 

Salah satu mitra GoFood, Tahu Yes mengalami peningkatan omzet sebesar 40 persen dari layanan GoFood. Wah berarti bisa ide usaha kuliner 2020 nih.

Baca juga: Gak Pake Repot! Ini 6 Makanan Natal Murah Meriah yang Harganya Kurang dari Rp 100 Ribu

Chef Alvin Kapau

usaha kuliner
Chef Alvin Kapau punya pandangan sendiri nih soal tren makanan maupun usaha kulineran di 2020, (Instagram/@alvin_kapau).

Hal senada pun disampaikan oleh Chef Alvin Maulana, Co-founder Masak TV. Chef Alvin menambahkan, gak cuma Boba yang jadi tren di tahun 2020, bakal ada hidangan lain diprediksi menjadi tren di kalangan pecinta makanan dan minuman. 

“Boba sih masih tren , paling yang akan coba menanjak adalah tematik Chinese Food yang dikemas dengan agak modern,” ujar Chef Alvin, dalam perbincangannya dengan MoneySmart.

“Mungkin tren gourmet burger juga akan naik lagi. Gourmet burger ini bukan burger mewah, melainkan sebuah burger yang bahan bakunya lebih diperhatikan,” tandasnya.

Soal burger, pria yang akrab disapa Chef Kapau ini juga mengatakan bahwa tren burger di Indonesia memang agak terlambat tiga hingga empat tahun lho ketimbang di luar negeri. Kira-kira apakah menu ini menarik untuk usaha kuliner yang kamu dirikan? Gak ada salahnya dicoba sih.  

Baca juga: 5 Hidangan Mewah Resto Ini Bisa Kamu Bikin dengan Uang Rp 20 Ribuan

Influencer

usaha kuliner
Ken dan Grat salah satu YouTuber memiliki pandangan tersendiri nih soal tren makanan, (Instagram/@kenandgrat).

Seperti diberitakan oleh Dream pada Oktober 2019, para food influencer yaitu Kent and Grat dan Gerry Girianza telah memprediksi tren kuliner tahun depan.

Menurut mereka, ada tiga kategori kuliner yang bakal jadi tren. Pertama adalah makanan sehat yang enak, kedua usaha makanan asli Indonesia seperti yang lagi hits saat ini adalah ricebowl kecombrang. Sementara itu yang terakhir adalah hidangan mewah dan mahal, tapi dikemas secara affordable dan tentunya bisa dikirim menggunakan ojek online.

Nah referensi dari pihak-pihak influencer ini juga patut jadi pertimbangan, lantaran mereka lebih paham soal tren makanan dari tahun ke tahun.

8 hidangan yang bisa jadi referensi usaha kuliner kamu

usaha kuliner
Delapan usaha kuliner yang bakal menjanjikan di 2020, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah mengetahui deretan kuliner yang diprediksi hits di tahun 2020, apakah kamu sudah kebayang bakal jualan apa nantinya? Atau gak mau ketinggalan buat mencicipi makanan dan minuman baru? 

Bila belum atau masih gak ada ide, tenang saja, MoneySmart bakal memberi paparan ke kamu soal deretan kuliner yang bisa kamu buat, dan tentunya berdasarkan dari inspirasi prediksi kuliner hits 2020.

Beberapa menu di bawah ini, adalah referensi dari Masak Tv, sebuah akun Instagram yang mempromosikan kuliner lokal. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

1. Gyudon 

usaha kuliner
Gyudon salah satu menu makanan yang bakal tren 2020, (Ilustrasi/Pixabay).

Gyudon atau beef bowl sejatinya adalah hidangan khas Jepang berupa nasi yang ditempatkan di atas mangkuk, dengan lauk daging. Yoshinoya merupakan salah satu resto terkenal yang menjual makanan ini.

Semangkuk nasi dengan lauk daging ini memang terbilang cukup mewah. Lantaran harga daging memang jauh lebih mahal ketimbang ayam. Namun untuk membuat semangkuk Gyudon, bujet yang kamu keluarkan hanya Rp 20 ribuan lho. Itu tentunya sudah bisa dapat 100 gram daging lho. Harga jual Rp 40 ribuan mah gak rugi deh.

Kamu juga bisa kreasikan gyudon dengan poached egg dan lainnya.

2. Nugget ayam sayur

usaha kuliner
Nugget ayam sayur salah satu menu yang bakal tren di 2020, berminat bikin usaha?,(Ilustrasi/Pixabay).

Nugget merupakan makanan yang praktis, namun menu  ini sifatnya olahan. Banyak sekali yang gak setuju kalau makanan ini dikategorikan sebagai makanan sehat.

Oleh karena itu, kenapa gak bikin nugget ayam sayur saja. Caranya mudah, blender saja sayur-sayuran (brokoli, wortel, jagung manis) bersama daging ayam. Jangan lupa berikan telur juga ya.

Bujet untuk membuatnya juga gak terlalu mahal kok bisa di bawah Rp 20 ribuan seporsi jika kamu mau.

3. Roti bakar boba

usaha kuliner
Roti bakar boba salah satu menu yang oke nih buat tahun 2020, (Instagram/@masaktv).

Berhubung boba juga lagi ngehits, maka gak ada salahnya untuk memasukkannya ke dalam salah satu menu usaha kuliner kamu. Ketimbang cake malah repot, roti bakar pun jadi!

Bahan baku membuatnya juga gak mahal-mahal. Cuma membutuhkan roti bakar, susu, telur dan boba. Kamu juga bisa lho bikin bobanya sendiri agar lebih fresh. 

4. Popcorn tahu

usaha kuliner
Popcorn tahu bakal tren di 2020, (Instagram/@masaktv).

Menu yang satu ini didapat dari akun Masak TV. Intinya jangan cuma beli popcorn, mending gabung saja popcornnya dengan tahu.

Popcorn tahu ini tentu bisa dijadikan camilan yang digemari banyak orang. Selain mudah membuatnya, bahan bakunya juga murah.

5. Nasi liwet kecombrang

usaha kuliner
Nasi kecombrang bakal tren nih di tahun 2020 sebagai menu makanan, (Instagram/@masaktv).

Nah ini menu kecombrang, yang kebetulan memang lagi hits. Caranya juga gak susah dalam pembuatannya, bahan bakunya tentu beras dan bunga kecombrang sebagai primadona di menu ini. 

Untuk membuat menu yang satu ini sebenarnya banyak sekali resepnya. Kamu bisa kreasikan sesuai selera lidah konsumen maupun pasar. 

Nasi liwet yang dihidangkan dengan bunga eksotik ini, bisa kamu sajikan dengan lauk beragam. Ikan teri contohnya, atau apapun. Mau pakai kemasan bowl juga oke lho, malah bisa jadi kekinian.

6. Smoothie bowl

usaha kuliner
Smoothie bowl juga bakal tren nih di tahun 2020, (Ilustrasi/Pixabay).

Smoothie bowl yang mahal sejatinya bisa dibuat dengan modal yang sangat murah. Hal itu disebabkan karena hidangan ini gak butuh buah dalam jumlah banyak. 

Akan tetapi, tantangannya adalah buah itu sifatnya musiman. Jika sedang gak musim, otomatis harganya naik. 

Bahan dasarnya adalah pisang. Jika mau berwarna merah tinggal dicampurkan dengan irisan buah naga, untuk warna biru bisa pakai bunga telang. Jika menyukai aroma dan warna cokelat bisa dicampur bubuk cokelat dan selai kacang selain itu warna kuning bisa dicampur mangga, atau warna hijau bisa dicampur bayam.

7. Jus cold pressed

usaha kuliner
Cold Pressed juice juga bisa dilirik nih sebagai salah satu usaha mu di tahun 2020, (Ilustrasi/Shutterstock).

Blender cold pressed memang gak murah, mulai dari Rp 3-5 jutaan. Tapi jangan salah, jus cold pressed itu bisa dijual dengan harga mahal. 

Mengapa demikian? Karena jus ini benar-benar segar. Metode blender cold pressed sama sekali tidak menghasilkan panas yang mana akan melunturkan nutrisi termasuk vitamin dan mineral di buah.

Gak usah sedih, harga tinggi itu adalah pasarnya kelas menengah ke atas. Kalau dikasih harga murah, orang malah gak yakin sama kualitas jus buatanmu

8. Gourmet burger

usaha kuliner
Burger gourmet juga bisa kamu lirik nih buat usaha makanan mu di tahun 2020, (Ilustrasi/Pixabay).

Seperti yang disebut oleh Chef Alvin bahwa gourmet burger bisa jadi ngehits di 2020. Maka gak ada salahnya untuk dicoba karena rata-rata roti isi daging ini memang dijual dengan harga yang bervariasi mulai Rp 20 ribuan hingga Rp 100 ribuan juga ada.

Dengan bujet Rp 30 ribuan, kamu tentu bisa bikin daging giling yang enak dan tebal. Untuk sausnya, pakai saja campuran saus tomat, mayones, dan mustard. Lalu sayur-sayurannya pakai selada dan tomat juga cukup. Harga jualnya, silahkan kamu tentukan sendiri ya. 

Itulah deretan menu yang bisa jadi referensi usaha kuliner kamu di tahun 2020. Kira-kira adakah yang menarik hati untuk kamu garap dan bakal hasilkan cuan? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *