Bikin Betah Berlama-lama, Ini 5 Wisata Halal di Korsel yang Wajib Dikunjungi

Wisata halal kini tengah digalakkan oleh beberapa negara. Gak cuma negara yang mayoritasnya muslim, tetapi juga negara-negara lainnya. 

Sebut saja seperti Thailand, Korea Selatan, sampai Inggris. Mereka menyadari bahwa potensi wisata ramah muslim bisa sangat menguntungkan di kemudian harinya. Karena, dengan program tersebut negara-negara tersebut bisa menjaring lebih banyak wisatawan. 

Korsel serius mengembangkan wisata ini, mengingat angka pengunjung dari negara mayoritas muslim, seperti Indonesia dan Malaysia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

Nah kali ini kita mau membahas, spot-spot wisata halal yang ada di Korea Selatan khususnya di Seoul seperti dikutip dari berbagai sumber. 

Baca juga: Lebih Modern dan Futuristik, Inilah Calon Ibu Kota Korea Selatan yang Baru Lho!

1. Seoul Central Mosque 

wisata halal korea seoul central mosque

Seoul Central Mosque. (Shutterstock)

Seoul adalah kota tujuan wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan. Nah buat yang muslim, jangan lupa untuk mampir sambil beribadah di Seoul Central Mosque. Masjid ini dibangun pada tahun 1974 berkat kerja sama dengan pemerintah Arab Saudi.

Selain tempat untuk beribadah, masjid yang terletak di daerah Itaewon ini juga dijadikan sebagai pusat syiar agama Islam di Korsel. Oleh sebabnya, Korean Muslim Federation memiliki sekretariat di dalam Seoul Central Mosque. 

Baca juga: Mulai Rp 500 Ribuan, Begini Lho Cara Resmi Membuat Visa Korea Selatan

2. Halal Kitchen

wisata halal kitchen korea

Halal Kitchen. (Instagram/@halalkitchenkorea/@puspitaeka_0506)

Bagi muslim, gak semua makanan di Korsel bisa dimakan. Tapi untungnya, buat yang berkunjung ke Seoul, mencari restoran halal tidaklah sulit. Contohnya seperti di Halal Kitchen. 

Restoran ini menawarkan makanan-makanan khas Korea seperti Samgyetang dan Bulgogi. Bahan-bahannya sudah terjamin aman untuk dikonsumsi oleh muslim. 

Lokasinya tepat berada di kawasan wisata Kyung Bok Palace, salah satu istana terbesar yang ada di Korsel. Istana ini dibangun pada masa zaman Dinasti Joseon tahun 1300-an. Gak heran kalau restoran ini pun masih menempati rumah tradisional Hanok. 

Baca juga: Pelesiran ke Korea Selatan Jangan Lupa Kunjungi Objek Wisata Gratis Ini

3. Kyung Bok Palace 

wisata halal korea kyung bok palace

Kyung Bok Palace. (Shutterstock)

Nah masih dekat dengan Halal Kitchen wisata halal yang bisa kamu kunjungi adalah Kyung Bok Palace. Istana ini merupakan salah satu dari lima istana terbesar yang ada di Korea Selatan.

Kamu bisa merasakan hidup di zaman Dinasti Joseon yang berkuasa sejak tahun 1300an. Agar lebih terasa kamu bisa menyewa baju-baju adat khas Korea Hanbok sambil berkeliling-keliling. 

4. Everland 

wisata halal korea everland

Everland. (Shutterstock)

Korea Selatan serius dengan program wisata halal yang mereka canangkan. Kini, area bermain terbesar mereka, Everland, sudah ramah dengan turis muslim. 

Everland adalah theme park terbesar yang ada di Korea Selatan. Wahana di sini ada banyak. Gak cuma area permainan saja, tetapi juga ada kebun binatangnya. 

Nah buat muslim, tenang saja, di area food and beveragenya sudah banyak tersedia makanan dan minuman yang bersertifikasi halal kok. Buat yang pengin salat juga tersedia musala, lengkap dengan perangkat salat dan Quran. 

5. Kawasan Itaewon 

wisata halal korea itaewon

Jalanan di kawasan Itaewon. (Shutterstock)

Dekat dengan Seoul Central Mosque, terdapat kawasan Itaewon. Kawasan ini sudah seperti kampung muslim di Seoul. Selain pusat komunitas muslim, banyak juga terdapat restoran-restoran halal di kanan kirinya. 

Mayoritas kedai dan restorannya sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Korean Muslim Federation (KMF) 

Itulah 5 spot wisata halal yang bisa kamu kunjungi di Seoul. Semoga bisa memberikan referensi buat kamu yang masih ragu-ragu menentukan tujuan wisata di Korsel. (Editor: Ruben Setiawan)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *