Bukan Gunung dan Pantai, 5 Hutan Mangrove Cantik Ini Wajib Banget Dikunjungi!

Berkunjung ke hutan mangrove untuk menghabiskan waktu liburan kini banyak dipilih orang selain berlibur ke gunung atau pantai. 

Hutan mangrove umumnya tumbuh di sepanjang pantai. Hutan mangrove atau hutan bakau hanya bisa tumbuh dan hidup di lingkungan yang memiliki kadar garam tinggi.

Salah satu ciri tanaman mangrove adalah memiliki akar yang menyembul ke permukaan. Jadi, penampakan mangrove itu seperti hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan lautan.

Uniknya, tanaman tersebut justru menghasilkan pemandangan indah nan cantik. Gak heran kalau kini hutan mangrove juga digunakan sebagai tempat wisata.

Nah, buat kamu yang pengin menghabiskan waktu dengan wisata hutan mangrove di Indonesia. Berikut, lima di antaranya:

1. Hutan Mangrove Kulon Progo, Yogyakarta

hutan mangrove
Hutan Mangrove Kulon Progo, Yogyakarta (Instagram/@ditaasely)

Jika biasanya kamu hanya berkutat di kawasan Malioboro atau Gunung Kidul saat berlibur ke Yogyakarta. Kini kamu bisa banget mengunjungi hutan mangrove di Jogja yang tepatnya berada di Dusun Pasir Mendit kecamatan Temon, Kulon Progo.

Hutan mangrove ini berada di dekat Pantai Congot dan bersisian dengan Sungai Bogowonto yang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Kamu juga bisa menikmati perjalanan di jembatan bambu cantik yang memang sudah dibangun pihak pengelola ditambah pemandangan indah yang dijamin bikin pengunjung betah untuk berswafoto di sana.

Baca juga: 20 Tempat Wisata Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi Generasi Milenial

2. Hutan Mangrove, Bali

hutan mangrove
Hutan mangrove Bali (Instagram/@glist_wedding)

Tak hanya pesona lautnya yang memanjakan mata, Bali juga memiliki hutan mangrove yang tak kalah indah.

Lokasinya berada di Jalan By Pass Ngurah Rai Kuta yang hanya akan memakan waktu tempuh selama 10 menit dari bandara. Kamu juga hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu untuk bisa menikmati keindahan hutan bakau tersebut.

Saking indahnya, banyak orang yang memilih untuk melakukan sesi foto prewedding di sana dengan hanya membayar Rp 500 ribu saja.

Baca juga: Tempat Wisata Indah Ini Terletak di Jakarta, Ada yang Gratis Lho!

3. Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya

hutan mangrove
Hutan mangrove Wonorejo, Surabaya (Instagram/@astrinovia.p)

Buat kamu warga Surabaya, bisa lho berwisata di hutan mangrove. Jaraknya hanya sekitar 40 menit dari bandara Juanda.

Selain dapat mengabadikan foto di lokasi tersebut, hutan mangrove Wonorejo ini juga dijadikan sebagai habitat 30 spesies hewan yang dilindungi. Asyik banget, kan?

4. Hutan Mangrove Kebumen, Jawa Tengah

hutan mangrove
Hutan mangrove Kebumen (Instagram/@finfinaalfina)

Kota Kebumen yang terletak di Jawa Tengah ternyata juga memiliki hutan bakau yang sangat indah. Bahkan, hutan mangrove Kebumen cukup populer di masyarakat Indonesia.

Pasalnya, saat waktu liburan, tempat wisata tersebut selalu ramai dipadati oleh pengunjung. Lokasinya berada di dekat Pantai Ayah.

Untuk menuju ke sana, kamu harus menggunakan perahu dan mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribu per orang yang harganya sudah termasuk tiket masuk.

5. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta (Instagram/@clairekoesnadi)

Bisa dibilang hutan mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) sudah sangat terkenal di kalangan orang Indonesia, khususnya warga Jakarta.

Gak heran kalau setiap akhir pekan, hutan bakau tersebut selalu dipadati pengunjung. Pasalnya, kamu akan disuguhkan dengan pepohonan yang sangat asri, bahkan terbebas dari kemacetan dan asap kendaraan yang menyesakkan dada.

Tak hanya dapat ber-selfie ria, para pengunjung juga bisa berjalan-jalan dengan jalan kaki atau menaiki boat. Bahkan, terdapat juga camping ground buat kamu yang ingin berkemah di sana.

Itulah lima hutan mangrove di Indonesia yang keindahannya tak kalah dengan pantai dan juga pegunungan. Semoga informasi tadi bisa jadi referensi untuk kamu yang sedang mencari lokasi berlibur! (Editor: Chaerunnisa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *