Gemar Bercocok Tanam? Urban Farming Peluang Usaha Menjanjikan di 2020 Lho

Gemar Bercocok Tanam? Urban Farming Peluang Usaha Menjanjikan di 2020 Lho – Urban farming, pernahkah dari kamu mendengar istilah ini? Urban farming kini bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan cuan lho di 2020.

Urban farming adalah sebuah konsep memindahkan pertanian konvensional menjadi pertanian perkotaan. Nah konsep pertanian ini kini banyak dijadikan sebagai salah satu ladang usaha untuk mendatangkan cuan lho.

Gak hanya mendatangkan cuan bagi pelakunya, konsep pertanian yang satu ini juga mempercantik pemandangan kota. Kalau kamu pernah melihat konsep pertanian ini di Jakarta, nah itu dia yang dinamakan urban farming.

Tren konsep pertanian ini memang kian banyak diminati oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan besar. Di luar negeri, seperti New York, Singapura hingga Jakarta yang lahan tanah sudah menipis sekali, konsep pertanian perkotaan ini banyak digeluti.

Salah satu praktiknya yang banyak dilakukan adalah menggunakan sistem hidroponik. Konsep pertanian ini memang memanfaatkan lahan yang sangat terbatas sekali.

Berbeda dengan pertanian konvesional yang memanfaatkan lahan luas. Melakukan urban farming ini memang sangat mendukung bagi warga kota-kota besar untuk menjalankan hidup sehat.

Gaya hidup sehat saat ini sudah menjadi tren bagi masyarakat urban, betul gak? Nah maka dari itu konsep pertanian perkotaan ini cocok buat mendukung gaya hidup bagi masyarakat di kota-kota besar.

Hidroponik adalah sistem yang bakal digunakan untuk menerapkan konsep pertanian perkotaan ini. Hidroponik sendiri sistem pertanian yang dilakukan menggunakan media tanam air.

Cara di atas dilakukan untuk menyiasati lahan tanam yang sangat terbatas layaknya di perkarangan rumah. Udah gitu nih, hasil panen dari konsep pertanian perkotaan ini dinilai lebih sehat lantaran menerapkan sistem penanaman organik.

Oleh karena itu, konsep pertanian perkotaan ini bisa kamu jadikan peluang usaha nih. Bisnis pertanian kayak gini semakin banyak digemari, tertarik buat menjalankannya? Yuk intip beberapa teknik pemasaran yang perlu diperhatikan saat menjalankan usaha ini.

Kerjasama dengan perkumpulan petani

Bergabung dengan koperasi tani bisa salah satu cara melebarkan bisnis ini

Saat memutuskan untuk menjalankan peluang usaha ini, kamu perlu banget buat bergabung dengan koperasi kelompok usaha petani. Hasil urban farming ini nantinya akan dipasarkan oleh koperasi tani.

Caranya, kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum mendapatkan pengarahan dari kelompok tersebut. Dengan adanya koperasi petani ini, kamu bisa melakukan usaha pemasaran produk dan memudahkan karena bisa menjual produk tanpa batasan jumlah.

Hasil panen bisa kamu distribusikan ke restoran atau usaha katering sehat

Katering sehat dan restoran bisa dijadikan cara kamu mendistribusikan hasil panen

Gaya hidup sehat yang saat ini menjadi tren, gak ada salahnya nih memasarkan produk kamu ke berbagai restoran dan usaha katering sehat. Hasil panen dengan jumlah yang bisa disesuaikan lahan, kamu bisa menghasilkan panen berkualitas.

Kebutuhan sayur dan buah pada usaha katering sehat memang sifatnya berkelanjutan. Oleh karena ini kamu sangat dimudahkan sekali nih buat menjual hasil panenmu.

Dengan memanfaatkan peluang sebagai pemasok sayur mayur dan buah-buahan ke restoran dan katering sehat memang terlihat sedikit. Tapi jangan salah, kalau cara ini bisa dilakukan berkelanjutan apalagi jika mempromosikan dari mulut ke mulut, dijamin usaha mu bakal bercuan.

Menjual langsung ke pasar atau kerabat

Kamu juga bisa menjual hasil panen urban farming di pasar tradisional

Ketika berhasil panen, kamu bisa juga menjualnya lansung ke pasar tradisional atau memanfaatkan kerabat dekat. Dengan cara ini juga memudahkan bagi kamu untuk menjual hasil panen konsep pertanian perkotaan kamu.

Pasalnya nih, semakin hari banyak orang mulai sadar pentingnya dalam mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Coba deh kamu lakukan promosi ke kerabat, jika memang pengin menjualnya ke orang-orang di sekelilingmu.

Sasar kerabat kamu yang memang tengah menjalani atau sudah melakukan gaya hidup sehat. Hasil panen yang berkualitas tentunya akan dicari oleh banyak orang.

Nah itu dia urban farming yang bisa dijadikan peluang usaha dan hasilkan cuan bagi kantong mu. Silahkan mencoba ya semoga cocok sebagai salah satu lahan kamu untuk menghasilkan uang. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *