Hati-Hati! 5 Gaya Hidup Mahasiswa Ini Justru Bikin Uang Bulanan Cepat Habis

Gaya hidup mahasiswa, apalagi yang perantauan memang beragam. Ada yang cuma senang kuliah, kemudian balik ke kosan, tapi ada juga yang demennya nongkrong sana-sini ke kafe mahal. 

Semua itu tentu tergantung dari kondisi finansial si mahasiswa, kalau banyak sih sah-sah saja buat nongkrong terus, tapi kalau duit pas-pasan, lebih baik pikir-pikir lagi. 

Tapi ternyata gak cuma nongkrong doang, masih banyak hal lain yang menyebabkan uang bulanan kamu cepat habis. Berikut ini gaya hidup boros yang sering dilakukan oleh mahasiswa.

1. Nongkrong di kafe 

gaya hidup

Nongkrong di kafe (Ilustrasi by Pixabay).

Kebiasaan nongkrong di kafe memang gak bisa dihindari dari gaya hidup mahasiswa. Kafe seolah menjadi tempat yang paling nyaman untuk sekadar ngobrol atau mengerjakan tugas. Saking nyamannya, sampai-sampai gak pernah absen setiap harinya. 

Sekali nongkrong, uang yang harus dikeluarkan untuk membeli minuman atau makanan rata-rata Rp 50 ribu. Dengan uang segitu kamu sudah bisa membeli nasi di warteg untuk makan dua kali. 

Alangkah baiknya kalau ngobrol dan ngerjain tugas di kampus saja. Di kampus juga sekarang kebanyakan sudah pakai Wi-Fi kok, jadi enak sekalian internetan gratis. 

2. Belanja bulanan terlalu berlebih 

gaya hidup

Belanja bulanan (Ilustrasi by Pixabay).

Mahasiswa juga butuh belanja bulanan, membeli perlengkapan untuk di kamar, untuk mencuci, sampai personal care. Namun, salahnya banyak mahasiswa yang gak membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum berbelanja.

Alhasil, saat tiba di tempat perbelanjaan, mereka main asal ambil saja. Sampai yang gak dibutuhkan juga diambil cuma karena lapar mata. 

3. Kebanyakan makan fast food 

gaya hidup

Makanan cepat saji (Pixabay).

Sebagian besar anak muda doyan mengkonsumsi makanan cepat saji, termasuk para mahasiswa. Nah kebiasaan ini ternyata juga bisa bikin kantong jebol. 

Harga satu porsinya saja kira-kira bisa Rp 30-40 ribuan. Tentunya harga tersebut jauh lebih mahal dari harga di warung makan biasa. Kalau sesekali sih gak apa-apa, tapi kalau keseringan yang ada duit bulanan cepat habis. 

Gak cuma bikin kantong jebol, kebiasaan ini juga gak sehat untuk tubuh. 

4. Jarang bersosialisasi, lebih sering mainan gadget 

gaya hidup

Media sosial (pixabay).

Gaya hidup mahasiswa yang lebih senang menyendiri, bermain gadget dan nonton streaming di internet ternyata juga termasuk kebiasaan yang boros. Bagaimana tidak, orang yang seperti ini akan lebih banyak menghabiskan kuota internet, yang artinya harus mengalokasikan budget lebih untuk beli kuota. 

Padahal kalau kamu senang bersosialisasi, misal main ke kosan teman, atau nongkrong di kampus bakalan lebih irit lagi. 

5. Rajin beli buku, tapi gak dibaca

gaya hidup

Baca buku sambil minum kopi (Pixabay)

Ada dua tipe mahasiswa, pertama ada yang rajin beli dan baca buku, dan yang kedua rajin beli buku, tapi gak dibaca. Nah untuk yang tipe kedua ini jelas kerjaannya buang-buang duit doang. Buku dibeli cuma buat dipajang kan pemborosan namanya.

Tapi, daripada kalian beli buku yang mahal, lebih baik meminjam ke perpustakaan kampus. Kalau di perpus gak ada, baru deh beli. 

Itulah 5 kebiasaan atau gaya hidup mahasiswa yang ternyata bisa menguras uang bulanan. Buat kamu mahasiswa terutama yang merantau, cobalah untuk lebih bijak menggunakan uang yang telah diberikan orang tua selama satu bulan. (Editor: Winda Destiana Putri).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *