Lezat dan Bikin Nagih, Ini 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Harganya Murah Meriah

Kepopuleran makanan khas Jawa Barat di Tanah Air kayanya gak perlu diragukan lagi. Cita rasanya yang cocok dengan sebagian besar penduduk di Indonesia membuat kuliner yang satu ini sangat mudah untuk viral di media sosial beberapa waktu belakangan.

Indonesia sendiri terkenal memiliki ratusan hingga ribuan makanan khas daerah yang mempunyai cita rasa berbagai macam. Dari yang rasanya manis, asem, asin hingga yang pedas menggugah selera makan.

Bahkan beberapa makanan khas Nusantara udah dikenal sampai mancanegara dan dinobatkan sebagai kuliner paling enak di dunia yakni Rendang dari Sumatera Barat. Gak hanya lezat, harganya pun relatif terjangkau.

Nah kalau rendang kan dari Sumatera Barat, gimana kalau kita simak langsung aja nih daftar makanan khas Jawa Barat yang tentunya lezat dan bikin nagih dengan harga gak sampai Rp 20 ribu berikut ini.

Baca juga: 7 Kuliner Khas Daerah Jalur Mudik yang Enak di Lidah dan Pas buat Kantong

1. Makanan khas Jawa Barat Seblak – Rp 15 ribuan

makanan khas jawa barat seblak
Seblak. (Shutterstock)

Siapa di antara kamu yang doyan makan seblak? Kuliner yang khas dengan rasanya yang pedas ini memang menjadi tren di media sosial. Kuahnya yang berwarna merah sering mengunggah selerah makan orang yang suka makanan pedas.

Seblak sendiri terdiri dari berbagai macam bahan seperti bawang putih, bawang merah, kencur, cabai, pasta, kerupuk, bakso, mie, ceker ayam dan telur. Setiap restoran biasanya memiliki ciri khas sendiri dalam menyajikan makanan ini.

Harganya pun relatif murah, berkisar antara Rp10 ribu – Rp15 ribuan tergantung isi yang kamu pilih seberapa banyak.

Baca juga: Ngidam Makanan Makassar? Ini 5 Resto dengan Bujet Terjangkau di Jakarta

2. Batagor – Rp 10 ribuan

makanan khas jawa barat batagor
Batagor. (Shutterstock)

Kedua, ada batagor, makanan khas Jawa Barat yang paling umum ditemukan di pinggir jalan. Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng.

Makanan ini sering disajikan dengan beberapa menu lainnya seperti siomay, tahu goreng, tahu, kol rebus hingga telor yang disajikan bersama kecap, bumbu kacang serta saos cabai. Teksturnya yang renyah dan gurih membuat batagor banyak dicari oleh pengunjung kota Bandung dan daerah-daerah Jawa Barat sekitarnya. 

Kamu juga gak perlu mikir harganya mahal atau gak, karena batagor rata-rata dibanderol gak terlalu mahal sekitar Rp 10 ribuan aja untuk satu porsinya.

Baca juga: Cuma Perantauan, Orang-orang Ini Sukses Geluti Bisnis Kuliner di Indonesia

3. Karedok – Rp 15 ribuan

makanan khas jawa barat karedok
Karedok. (Shutterstock)

Selanjutnya, ada karedok. Makanan berbahan dasar sayuran ini kadang sering tertukar dengan gado-gado yang sekilas terlihat sangat mirip. Namun ternyata dua jenis makanan khas Jawa Barat ini memiliki perbedaan lho.

Salah satu perbedaannya, karedok menggunakan sayur yang masih mentah, sedangkan gado-gado udah direbus. Beberapa sayur yang biasa ada di dalam karedok adalah kacang panjang, timur, selada, daun kemangi, terong dan tentunya bumbu kacang,

Harga karedok juga gak terlalu mahal sekitar Rp 15 ribuan aja kok, jadi gak bikin kantong bolong.

4. Serabi – Rp 12 ribuan

makanan khas jawa barat serabi
Serabi. (Shutterstock)

Keempat, ada cemilan serabi yang enak dimakan saat musim hujan. Bahan dasar untuk memasak serabi antara lain adalah tepung beras, gula, telur, tepung terigu dan santan.

Makanan khas Jawa Barat ini juga memiliki dua versi yakni dengan rasa manis dan juga asin. Kalau manis biasa disajikan dengan coklat, keju dan selai, sedangkan untuk yang asin bisa disajikan bersama kornet ataupun abon sapi.

Harga per porsi serabi juga relatif murah seperti tiga menu sebelumnya yakni kisaran Rp 12 ribu.

5. Mie kocok – Rp 17 ribuan

makanan khas jawa barat mie kocok
Mie kocok. (Shutterstock)

Kelima, ada mie kocok yang bisa kamu temukan di kota Bandung. Berbeda dengan mie ayam, mie kocok sendiri memiliki ciri khas di kuahnya yang banyak dan kental.

Gak cuma itu, mie kocok juga biasanya disajikan dengan tauge atau kangkung untuk menambah tekstur renyah ketika masuk ke dalam mulut. Dari sisi harga, mie kocok sendiri berada di kisaran Rp 17 ribuan tergantung restoran tempat kamu makan.

6. Tahu Gejrot – Rp 7 ribuan

makanan khas jawa barat tahu gejrot
Tahu gejrot. (Shutterstock)

Makanan khas Jawa Barat yang satu ini juga pasti udah kamu kenal banget nih yaitu tahu gejrot. Rasanya yang asam, manis dan pedas dari kuah cukanya kadang bikin kamu ngidam pengin ngemil jajanan yang satu ini.

Kuliner khas Cirebon ini bisa kamu temukan di kota besar dengan harga relatif terjangkau sekitar Rp 7 ribuan aja per porsinya.

7. Cilok – Rp 5 ribuan

makanan khas jawa barat cilok
Cilok. (Shutterstock)

Makanan khas Jawa Barat terakhir yang harganya terjangkau adalah cilok. Jajanan yang terbuat dari tepung aci cocok banget kamu makan sebagai cemilan.

Selain cilok, ada juga beberapa kuliner lainnya yang memanfaatkan tepung aci sebagai bahan dasar seperti cireng, cimol dan cilor. Dari sisi harga juga gak terlalu mahal, cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp 5 ribuan aja satu porsinya.

Nah itulah 7 makanan khas Jawa Barat yang enak dan harganya terjangkau. Dari ketujuh menu tersebut, mana nih yang paling kamu sukai? (Editor: Ruben Setiawan)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *