Maksimal Rp 40 Ribuan! Ini Menu Makan Siang yang Harganya Terjangkau tapi Rasanya Juara!

Maksimal Rp 40 Ribuan! Ini Menu Makan Siang yang Harganya Terjangkau tapi Rasanya Juara! – Kamu bingung di kantor pengin isi perut tapi dompet lagi tipis? Hal kayak gini sering dialami oleh orang kantoran yang gak bawa bekal dari rumah. Tapi jangan khawatir karena ternyata ada banyak pilihan menu makan siang yang bisa dipilih dengan harga terjangkau lho!

Hidup di kota besar kadang membuat pengeluaran seseorang meningkat, baik untuk gaya hidup maupun untuk konsumsi rutin untuk makan siang sekalipun. Kadang, peningkatan pengeluaran itu gak dibarengi sama kenaikan pemasukan. Bujet makan siang bertambah, tapi gaji gak nambah-nambah.

Akibatnya, uang udah habis sebelum gajian. Memang sih, penyebabnya gak selalu karena bujet makan siang yang kegedean. Pengeluaran untuk gaya hidup seperti nonton film di bioskop, jajan makanan ringan atau hangout juga berkontribusi terhadap menipisnya isi dompetmu.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu harus mulai berhemat di berbagai pos pengeluaran dan kali ini yang mau dibahas adalah pos pengeluaran makan, khususnya makan siang saat di kantor. MoneySmart.id mau kasih kamu beberapa rekomendasi tempat makan enak tapi juga murah. Bujetnya maksimal Rp 40 ribu aja kok.

Mungkin, beberapa tempat makan berikut ini lokasinya gak dekat dengan kantor tempatmu bekerja. Tapi, sekarang kan udah ada layanan pengantaran makanan seperti GoFood, Grab Food, dan lain sebagainya, yang membuat jarak tak lagi jadi masalah.

Baca juga: Menu Makan Enak Bareng 10 Orang dengan Bujet Rp 100 Ribu? Ada Kok!

1. Nasi goreng Mafia

menu makan siang
Nasi goreng Mafia. (Instagram/@nasgormafia)

Menu makan siang pertama yang bisa kamu coba adalah nasi goreng. Sajian yang satu ini bisa dibilang menjadi makanan sejuta umat warga Indonesia karena bisa ditemukan di mana aja dan kapan aja.

Udah rasanya enak, apalagi kalau ditambah dengan bumbu khas yang bercita rasa kuat. Buat kamu yang doyan daging kambing atau ayam dijamin bisa menambah nafsu makan deh!

Untuk wilayah Jakarta Selatan kamu bisa mencoba nasi goreng yang dijajakan outlet Nasi Goreng Mafia di Plaza Sudirman. Harganya sendiri berkisar di angka Rp 20 ribuan sampai Rp 30 ribuan tergantung menu yang dipilih.

Seperti udah disebut di atas, gunakan GoFood atau Grab Food untuk memudahkan pemesanan. Sebelum pesan, cek juga barangkali ada voucher diskon ongkos kirim yang bisa bikin lebih hemat.

Baca juga: Murah! 5 Menu Makan Malam Sehat Ini Bisa Dibikin Cuma dengan 50 Ribu

2. Bakso Boedjangan

menu makan siang
Bakso Boedjangan. (Instagram/@baksoboedjangan)

Selanjutnya ada bakso, menu makan siang yang semua orang gemari. Kuah bakso yang gurih dipadukan dengan bakso ukuran besar dengan tekstur yang kenyal bikin siapapun yang mencicipinya bikin ketagihan.

Bahan pelengkap seperti bihun, mi kuning dan sayur bakal menambah kekayaan rasa yang ada di dalam mangkoknya.

Di wilayah Jakarta sendiri Bakso Boedjangan udah tersebar di mana-mana, namun salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi ialah di Blok M. Harganya bervariasi mulai dari Rp 15 ribu aja per bakso ukuran besar.

Baca juga: 6 Menu Makanan untuk Penderita Diabetes dengan Modal Rp 35 Ribu

3. Menu makan siang Sate Ayam Haji Romli

menu makan siang
Sate Ayam. (Shutterstock)

Di nomor 3 ada sate ayam yang enaknya dipadukan sama bumbu kacang. Jika ditambah dengan nasi putih hangat atau lontong pasti bakal lebih enak dan mengenyangkan kamu.

Kalau lagi bosan dengan daging ayam kamu bisa mengganti menu makan siang ini dengan bahan dasar lain seperti kambing atau sapi yang punya rasa gak kalah lezat.

Salah satu tempat makan sate ayam yang lumayan terkenal di kawasan Jakarta adalah Sate Ayam H. Romli di dekat kawasan Blok M, tepatnya di seberang Rumah Sakit Pusat Pertamina. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 25 ribuan per porsi sate ayam.

4. Sop iga Ibu Samino

menu makan siang
Ilustrasi sop Iga. (Shutterstock)

Buat kamu yang pengin makanan berkuah nan gurih bisa mencoba sop iga. Tekstur daging yang empuk dan mudah lepas dari tulangnya membuat kuliner ini banyak digandrungi masyarakat.

Jangan lupa untuk mengonsumsinya bersama nasi putih hangat supaya makin sedap dan kenyang. Beberapa potong emping sebagai pendampingnya bisa menambah nafsu makan juga lho.

Di Jakarta Selatan sendiri ada satu tempat yang menjual sop iga enak yakni Sop Iga Ibu Samino. Warung ini berlokasi di wilayah Kebayoran Lama. Harganya juga lumayan terjangkau sekitar Rp 40 ribuan aja per porsinya.

5. Menu makan siang Ayam Geprek Bensu

menu makan siang
Ayam geprek Bensu. (Instagram/@geprekbensu)

Yang terakhir ada menu makan siang ayam geprek yang belakangan ini melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia. Yang membedakan satu tempat makan dengan yang lain adalah  rasa bumbu renyah dan sambal yang dibuat.

Sajian ini wajib dikonsumsi dengan seporsi nasi putih hangat dan beberapa timun atau kol sebagai penetralisir rasa pedas. Kalau gak mau pake nasi kamu bisa memilih dengan mi goreng atau hanya digado aja.

Bukan hal yang sulit untuk mencari warung ayam geprek di Jakarta. Salah satunya adalah Ayam Geprek Bensu karena udah banyak cabangnya di berbagai tempat. Salah satunya yang ada di bilangan Cipete dengan harga per porsinya hanya Rp 20 ribuan.

Nah itulah deretan rekomendasi menu makan siang yang bisa kamu beli dengan bujet yang cocok sama kantong. Gak harus kamu coba setiap hari tapi bisa menjadi referensi ketika lagi bingung pilih makan. Misalnya, dalam seminggu, kamu bisa mencoba menu-menu di atas selama 2 hari. Sisanya, kamu bisa beli makanan yang dijajakan di sekitar kantormu, atau membawa sendiri dari rumah. (Editor: Ruben Setiawan)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *