Pengin Bisnis Makanan Online via GoFood? Ini Menu Terlarisnya

Bisnis makanan online belakangan semakin populer. Tak hanya di kota besar saja, di berbagai daerah bisnis makanan online juga mulai dilirik para pelaku bisnis. 

Pasalnya, kehadiran GoFood dan GrabFood memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan bisnis makanan online di Indonesia.

Meski memiliki biaya layanan, mendaftarkan bisnis kuliner pada aplikasi pesan antarmakanan secara online menjadi pilihan tepat. 

Sebab, aplikator pesan antarmakanan memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak hingga tersebar di berbagai wilayah seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, dengan mendaftarkan bisnis pada aplikator pesan antarmakanan akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membeli, tanpa harus ribet atau repot mencari lokasi, buang waktu, dan biaya.

3 Hidangan Populer

Startup ride hailing Gojek menyampaikan, dalam aplikasi pesan antarmakanan miliknya, GoFood terdapat beberapa menu makanan paling populer dan paling banyak dibeli konsumen selama tahun 2019 lalu.

GoFood Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, menu yang paling laris dan populer adalah ayam geprek, es kopi susu, dan pisang goreng.

Lebih lanjut, Catherine mengungkapkan, larisnya menu tersebut merupakan gambaran dari kegemaran masyarakat Indonesia terhadap kuliner lokal, terlebih menu-menu tersebut banyak dibuat oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga lebih merakyat dan disukai oleh banyak orang.

“Namanya ayam geprek itu tested, sudah melalui beberapa zaman. Kopi susu juga sama. Pisang goreng sama, orang Indonesia enggak bisa jauh dari gorengan,” jelas Catherine.

Ayam Geprek

hidangan ayam geprek lengkap dengan nasi putih
Ayam Geprek (Shutterstock)

Kepopuleran ayam geprek di Indonesia sedang dalam puncaknya. Tak heran, makanan satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai rumah makan, pinggir jalan, hingga kafe. 

Selain cara pembuatannya yang mudah, menu ayam geprek juga disukai orang Indonesia karena rasa pedasnya.

Di GoFood saja ayam geprek telah terjual sekitar 300 juta porsi jika dibagi rata 365 hari dalam satu tahun maka ada 800 ribu lebih porsi ayam geprek yang terjual per hari.

Dengan jumlah yang besar ini jika disusun memanjang maka setara dengan jarak pulang-pergi (PP) Jakarta-Kalimantan atau 1,169 kilometer.

Es Kopi Susu

minuman kekinian es kopi susu
Es Kopi Susu (Shutterstock)

Sedangkan untuk menu minuman, es kopi susu tak kalah populer dengan menu makanan ayam geprek.

Selama tahun 2019 lalu, terjual 15 juta gelas di GoFood, jumlah ini mampu mengisi 2,5 kali kolam renang standar Olimpiade dengan ukuran panjang kolam 50 meter, dengan lebar 25 meter, dan kedalaman hingga 1,5 meter.

Kepopuleran es kopi susu ini juga menjadi pendobrak saat kedai kopi asing mulai menjamur di berbagai kota. 

Dengan memadukan gula aren lokal, minuman kopi susu semakin populer karena termasuk minuman yang disukai kaum urban dengan alasan manis dan murah seiring dengan berkembangnya kedai kopi lokal atau asli Indonesia.

Pisang Goreng

sepiring pisang goreng modifikasi
Pisang Goreng (Shutterstock)

Sementara itu, dari jenis camilan, pisang goreng jadi menu paling laris dari aplikasi GoFood. Pisang goreng hype karena semakin banyaknya generasi milenial yang suka pisang goreng dengan tambahan topping kekinian.

Di aplikasi GoFood, lebih dari 5 juta pisang goreng terjual dan disebut setara dengan 116 kali tinggi Gunung Rinjani jika disusun memanjang, sedangkan gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 meter.

“Jadi hal ini benar-benar merealisasi misi kita memberdayakan UMKM, dan membantunya tumbuh. Karena semenjak join dengan GoJek, pendapatan mereka meningkat 3,5 kali lipat menurut survei lembaga demografi UI,” papar Catherine.

Hingga saat ini, merchant atau mitra GoFood telah mencapai 500 ribu merchant, atau meningkat 17 kali lipat. Pada april 2018, merchant GoJek hanya sekitar 125 ribu. Dari keseluruhan jumlah itu, sebanyak 96 persen merchant adalah UMKM.

Hingga saat ini, aplikasi GoFood telah menyuguhkan 16 juta menu dengan order selesai meningkat 30 kali lipat. 

Itulah tiga hidangan populer yang sering dibeli konsumen dari aplikasi GoFood. Kalau kamu ingin bisnis makanan, salah satu dari tiga hidangan populer itu bisa dipilih. Selamat berbisnis dan meraih cuan!  (Editor: Chaerunnisa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *