Pengin Bisnis Makin Laku Keras dan Untung Banyak, Ini Strategi Jitu yang Perlu Dicoba

Strategi bisnis yang baik diperlukan dalam menjalankan sebuah usaha. Tidak hanya perencanaan dan pengorganisasian saja membutuhkan strategi, tetapi juga pada pemasaran produk yang memiliki peran. 

Dalam memasarkan sebuah produk, pelaku usaha biasanya wajib memperbarui segmentasi pasar mereka. Terlebih kehadiran teknologi dan digitalisasi yang semakin membantu saat ini. Tentu, kehadiran teknologi tersebut semakin membuat pelaku usaha mudah mencari pasar yang cocok. 

Agar kegiatan marketing atau pemasaran tidak sia-sia, berikut beberapa trik yang bisa kamu lakukan. Strategi ini bisa bikin bisnis makin menguntungkan lho, mengutip laman Liputan6.

1. Bikin tujuan bisnis yang kuat

Strategi Bisnis

Membuat strategi pada bisnis penting dilakukan (Shutterstock).

Hal pertama yang dilakukan oleh pebisnis adalah membuat tujuan usahanya tersebut jelas. Buat bagan yang berisi konsep, tujuan, visi, misi dan karakter sumber daya untuk mendorong kegiatan bisnis. Proses membangun bisnis ini akan menyita waktu dan energi, tetapi dengan bantuan internet tentu semua akan teratasi dengan baik. 

2. Gunakan media sosial

Kartu Kredit

Promosi di media sosial (Shutterstock).

Dengan adanya teknologi, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk yang dijual. Media sosial adalah wadah promosi yang cukup efektif di era sekarang ini. Apalagi sebagian besar masyarakat sudah banyak yang punya. 

Tentukan media sosial yang banyak digunakan masyarakat. Buat akun bisnis produk kamu tersebut. Kalau perlu, buatlah akun di beberapa media sosial yang umum digunakan masyarakat.

Unggah gambar produk secara rutin, lalu promosikan produk lewat fitur yang tersedia di media sosial, misalnya insta story. Guna memaksimalkan penjualan, masukkan nama produk juga hastag yang sesuai. Hal ini tentu memudahkan calon pembeli mendapatkan produk yang kamu tawarkan. 

3. Kenali karakter calon pembeli

Strategi Bisnis

Pembeli ibarat Raja (Shutterstock).

Jika produk yang kamu jual menarik minat masyarakat, tentu permintaan semakin tinggi. Agar produk yang kamu jual ini tepat sasaran, coba kenali karakter yang dituju. Ada konsumen yang lebih mementingkan harga ketimbang kualitas, ada juga sebaliknya. 

Karakter seperti ini perlu dikenali untuk memproduksi produk yang spesifik demi meningkatkan angka penjualan produk. Agar data semakin akurat, kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan di media sosial. Saat ini survey di medsos jauh lebih ampuh dan cepat. 

4. Manfaatkan jasa influencer

Strategi Bisnis

Influencer (Shutterstock).

Media promosi paling cepat adalah Instagram. Untuk itu kamu perlu menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk jualanmu. Memang tidak gratis, tapi biaya untuk menggandeng influencer jauh lebih murah ketimbang menggandeng artis lho. 

Jika produk yang kamu jual ini bagus, bukan tidak mungkin influencer tersebut malah tertarik dan membeli produkmu kan. Jadi, jangan pernah abai ya terhadap kualitas produk yang akan dijual. 

5. Buat deskripsi produk menarik

Strategi Bisnis

Aturan pada bisnis (Shutterstock).

Salah satu cara menarik konsumen selain gambar adalah penjelasan produk itu sendiri. Semakin lengkap dan jelas kamu mendeskripsikannya, semakin banyak pembeli yang berminat. 

Pembeli saat ini sangat kritis terhadap deskripsi suatu produk. Jika deskripsi dan gambar berbeda jauh, siap-siap kamu bakalan diprotes. Pembuatan deskripsi produk tidak perlu terlalu panjang, yang penting mengandung informasi bermanfaat dan dapat mewakili karakteristik produk yang sesungguhnya. 

Bangun bisnis dengan komitmen

Strategi Bisnis

Bangun bisnis dengan komitmen (Shutterstock).

Perjalanan bisnis memang gak melulu mulus dan oke-oke aja ya. Kamu pasti bakalan atau malah sering menerima cobaan di tengah perjalanan. Tetapi jangan jadikan itu sebagai kendala berat. Justru buat itu menjadi tantangan yang harus kamu hadapi. 

Ada kala di mana hasil yang bakal diperoleh maksimal, atau hasilnya ya di luar ekspektasi. Jika kamu bangun bisnis dengan komitmen pasti perjalanan tersebut akan seimbang meski diterpa banyak cobaan. Hal itu merupakan strategi bisnis yang paling ampuh. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *