Pengin Mewujudkan “Wedding Dream”? Ini Cara Terhindar dari WO Abal-abal

Persiapan pernikahan memang bikin menguras pikiran dan fisik bagi calon kedua mempelai. Gak sedikit dari calon pasangan pengantin menggunakan jasa wedding organizer agar semua berjalan dengan lancar. Nah kamu mesti perhatikan hal-hal ini lho agar terhindar dari WO yang nakal atau abal-abal. 

Mempersiapkan pernikahan nampaknya bukan persoalan yang mudah, kesiapan materi, mental, dan juga perhitungan finansial harus dipastikan. Hal tersebut diperlukan agar dikemudian hari tidak menimbulkan masalah dalam keluarga. 

Sebab, pernikahan merupakan momen yang sakral dan hanya sekali seumur hidup, maka segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang. Tak hanya kesiapan materi dan mental, kehati-hatian juga diperlukan agar terhindar dari penipuan Wedding Organizer (WO) abal-abal. 

Sebab impian banyak pasangan pengantin adalah membuat pesta pernikahan yang mewah, dan sukses, namun demikian tidak sedikit para calon pengantin yang tergiur akan penawaran harga paket pernikahan yang murah dan terjangkau.

Seperti yang saat ini tengah ramai diperbincangkan masyarakat, ada penipuan berkedok Wedding Organizer yang merugikan sejumlah pasangan calon pengantin. Salah satunya terjadi di Depok, Jawa Barat. 

Sebelum mempersiapkan pesta pernikahan dengan jasa WO, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Kunjungi pameran pernikahan

Mengunjungi wedding expo sangat diperlukan nih bagi calon pengantin
Mengunjungi wedding expo sangat diperlukan nih bagi calon pengantin, (Shutterstock).

Bagi pasangan yang ingin segera menikah mengunjungi pameran pesta pernikahan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Selain untuk menambah wawasan terkait acara pernikahan, dengan mengunjungi pameran, persiapan pernikahan para pasangan calon pengantin pun menjadi tahu berbagai harga paket pesta pernikahan.

Tak hanya itu, pada pameran pernikahan, para calon pengantin juga bisa mencicipi kue pengantin, mencoba makeup trial gratis, hingga memperoleh souvenir-souvenir cantik dari setiap vendor. Kemudian dengan hadir ke pameran juga menjadi waktu yang tepat untuk bertemu para vendor pernikahan dan melakukan diskusi maupun melihat portofolio vendor dengan jelas.

Kemudian dengan mengunjungi pameran juga bisa melihat tren pesta pernikahan yang sedang ramai digunakan oleh banyak pengantin. Mulai dari tren dekorasi, makanan, hingga souvenir yang digunakan. 

Potongan harga atau bonus tiket liburan juga biasanya banyak ditawarkan para vendor WO kepada calon konsumennya.

2. Pastikan track record WO

Mengetahui rekam jejak WO juga sangat diperlukan oleh calon pengantin
Mengetahui rekam jejak WO juga sangat diperlukan oleh calon pengantin, (Shutterstock).

Sebelum melakukan transaksi dan pembayaran, hal paling utama adalah memastikan track record atau rekam jejak WO itu sendiri. Jangan sampai sudah membayar uang puluhan juta tetapi acara pesta gagal karena penipuan.

Cara yang paling mudah memastikan rekam jejak WO adalah melalui referensi kerabat, saudara atau teman. Kemudian bisa juga melalui media sosial dan internet, dengan melihat portfolio apakah WO ini benar melakukan proses bisnis yang tepat atau malah cenderung tidak dapat dipercaya atau diindikasi sebagai penipu.

Kemudian, cara lainnya adalah dengan mencari vendor WO tersebut dalam aplikasi marketplace yang menyediakan berbagai kebutuhan pernikahan.

3. Gunakan WO rekomendasi keluarga

Menggunakan jasa WO rekomendasi keluarga bisa lho kamu manfaatkan
Menggunakan jasa WO rekomendasi keluarga bisa lho kamu manfaatkan, (Shutterstock).

Jika tak ingin pusing mencari WO yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik, cara

paling mudah adalah dengan menggunakan WO rekomendasi keluarga ataupun sahabat. Gak ada salahnya nih kamu memanfaatkn informasi dari keluarga  yang sudah pernah menggunakannya. 

Dengan cara ini bisa menjadi alternatif pilihan WO yang akan digunakan, hanya saja tinggal mencari tahu apakah WO tersebut memiliki menu makanan bervariasi dengan rasa enak, dekorasi taman atau gedung menarik, hingga kualitas foto dan video terbaik.

Dengan menggunakan WO rekomendasi ini juga bisa melakukan penawaran harga paket penikahan.

4. Sesuaikan konsep dan anggaran

Memikirkan konsep pernikahan itu penting lho bagi kamu dengan pasangan
Memikirkan konsep pernikahan itu penting lho bagi kamu dengan pasangan, (Shutterstock).

Setelah memastikan rekam jejak, portofolio, dan reputasi Wedding Organizer yang akan digunakan, proses selanjutnya adalah menyiapkan konsep pernikahan. Menyiapkan konsep pernikahan yang disesuaikan dengan anggaran mesti kamu lakukan lho dengan pasangan. 

Pastikan konsep yang diinginkan oleh kedua calon pengantin dikomunikasikan dengan baik kepada keluarga kedua belah pihak, agar menghindari terjadinya kesalahpahaman terkait konsep pernikahan.

Kemudian, dalam memastikan konsep pernikahan juga diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dari kedua calon pasangan pengantin. Jika sudah keluar harga yang ditawarkan dengan segala fasilitas, pikirkan dengan matang apakah penawaran harga tersebut over budget atau malah terlalu murah.

Hitung segala kebutuhan seperti konsumsi atau makanan, sewa gedung atau tempat, dekorasi, fotografi dan videografi, hingga undangan dan souvenir. Jika dirasa penawaran harga cenderung sangat murah atau tidak rasional perlu untuk dicurigai.

Nah itu deretan hal-hal yang mesti diperhatikan oleh kedua calon pengantin yang tengah melakukan persiapan pernikahan. Jangan sampai uang yang sudah kamu kumpulkan malah lenyap begitu saja lantaran ulah WO nakal atau abal-abal. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *