Sewa WiFi Saat ke Luar Negeri Memang Lebih Murah, Tapi Lebih Praktis Sim Card!

Saat melancong ke luar negeri dan berusaha untuk tetap terhubung dengan kerabat di Tanah Air, kamu perlu mengganti sim card di ponselmu. Karena beberapa kartu seluler lokal belum bisa menjangkau jaringan di luar negeri. 

Kini juga ada alternatif lain selain mengganti kartu seluler, yaitu dengan menyewa modem WiFi. Di Indonesia sudah banyak penyewaan modem untuk luar negeri yang bisa kamu pilih. Mau pergi ke Singapura, Jepang, Australia, semuanya bisa.

Tapi kalau disandingkan antara membeli sim card baru dengan menyewa modem WiFi, kira-kira mana yang lebih menguntungkan? 

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Termahal di Dunia, Sampai Rp 2 Juta Semalam!

Dari segi harga lebih murah sewa modem WiFi, Sim Card?

Sim Card
Ini nih modem WiFi yang sering digunakan saat liburan ke luar negeri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Beli sim card baru, dengan menyewa modem WiFi tentu harganya berbeda. Contohnya saja untuk tujuan ke Jepang, kartu seluler dengan masa berlaku lima hari biasanya dijual dengan harga Rp 100.000. 

Sedangkan untuk sewa modem di JavaMifi, untuk tujuan Jepang dengan masa sewa 5 hari, cuma dipatok harga Rp 150.000. Modem tersebut juga bisa digunakan untuk lima orang, jadi per orangnya cuma perlu bayar Rp 30 ribu untuk lima hari. 

Baca juga: Mau Belanja Barang di Luar Negeri Tanpa Kartu Kredit? Coba Situs Ini

Meski murah, tapi ternyata lebih praktis sim card 

Sim Card
Sim Card lebih praktis sih bagi kamu yang pengin liburan ke luar negeri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dari segi harga, sewa modem Wifi memang lebih unggul, tapi kalau bicara soal kepraktisan, jelas lebih praktis sim card. Kamu gak perlu nenteng-nenteng modem yang lumayan berat. 

Terus kalau kamu pergi bersama-sama teman, berarti dirimu harus selalu berada berdekatan selalu, gak bisa mencar-mencar. Kemudian, saat baterai modem habis, kamu dan teman-temanmu tidak bisa menggunakan internet, kecuali dapat WiFi gratisan. 

Baca juga: Biar Liburan ke Luar Negeri Tenang, 8 Aplikasi Ini Wajib Ada di Ponselmu

Risiko hilang lebih besar bila menyewa modem WiFi 

Sim Card
Kalau kamu fix menggunakan modem WiFi saat liburan ke luar negeri ya risikonya ketinggalan atau hilang kalau kamu lupa manaruhnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ternyata, sewa modem WiFi luar negeri juga memiliki kelemahan, yaitu berisiko hilang. Perangkatnya yang terpisah sangat rawan untuk jatuh, atau tertinggal di tempat lain. Misalnya, hilang, kamu terpaksa gak pakai internetan selama melancong, dan harus membayar denda atau ganti rugi. 

Dari penjelasan di atas, kira-kira kita bisa menyimpulkan bahwa ada plus minusnya sendiri antara membeli sim card di negara tujuan atau sewa modem WiFi. WiFi terbukti lebih murah, tapi sim card sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *